Travel Murah ke Bali Bukan Lagi Mimpi, Begini Caranya!

Travel Murah ke Bali Bukan Lagi Mimpi, Begini Caranya!

Cara Nikmati Trip Bali Murah Meriah

Banyak yang risau soal biaya ketika hendak berlibur ke Bali. Pengen punya kenangan liburan premium, tapi kurang biaya? Kalau menyesuaikan alokasi biaya, ekspektasi meronta-ronta. Gimana ya? Pepatah barat yang biasa muncul di buku-buku tulis SD mengatakan “there is a will, there is a way”. Ya, bukan mustahil untuk mendapatkan pengalaman tour ke Bali yang berkualitas premium dengan tetap menjaga dompet tersenyum. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!
Merencanakan adalah hal terpenting agar apa yang kita lakukan nantinya berjalan lebih sistematis, sehingga tour akan meninggalkan kesan manis untuk dikenang. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam merancang tour, yaitu:

Waktu

Holiday di waktu yang tepat, navi.id

Untuk menikmati paket tour bali murah, jangan pernah berencana berlibur di high season/peak season karena akan padat wisatawan lain. Ngga mau kan tour Cuma dihabiskan untuk bermacet ria di jalanan? High season/peak season terjadi saat musim libur panjang.
Hari raya Idul Fitri, Chinese new year, masa liburan sekolah bulan Juli – Agustus, hingga libur natal dan tahun baru merupakan waktu-waktu yang wajib dihindari jika ingin menikmati liburan murah di Bali. Jika memaksa kehendak untuk liburan di waktu tersebut, jangan heran jika bisa bikin kantong jebol karena semua harga menjadi naik.

Transportasi

Transportasi menuju tempat liburan, navi.id

Pilihlah transportasi yang paling efisien dari tempat tinggal kalian. Menggunakan bus, kereta, kapal, atau pesawat. Pastikan pesan tiket jauh-jauh hari ya dan carilah armada yang menyediakan promo.
Oh ya, khusus buat kalian yang memilih kapal untuk transportasi, pilihlah penyeberangan di siang hari agar dapat menikmati pemandangan “gratisan”. Lain halnya jika penyeberangan dilakukan malam hari, yang ada hanya lampu-lampu kapal dan pelabuhan. Bagi kalian penikmat warna langit eksotis, maka pilihlah di waktu subuh atau sore hari agar dapat menikmati sunrise ataupun sunset.

Penginapan

Pilihlah penginapan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika tidak terlalu mempermasalahkan privasi, maka pilihlah tipe dormitorty. Dormitory akan sangat cocok jika kalian pergi bersama para sahabat. Namun, jika kalian mengutamakan privasi, maka pilihlah penginapan tipe guest house. Biayanya sekitar 140 hingga 200 ribu per malam.
Akan lebih bagus jika memesan penginapan secara online, karena akan banyak kode promo diskon. Dua tipe penginapan ini tentu sudah memiliki fasilitas standar, bahkan ada yang berkualitas melebihi apa yang kita bayar. Jadi pintar-pintarlah dalam riset penginapan ya. Baca review-reviewnya juga. Yang penting jangan pilih penginapan tipe villa atau hotel ya, karena bakal terlalu menguras keuangan kalian.

Pilih penginapan sesuai kebutuhan dan budget, gotravelly.com

Untuk lebih menghemat lagi, pilihlah penginapan yang strategis. Artinya, kalian harus sesuaikan dengan objek wisata yang kalian tuju agar perjalanan tidak terlalu jauh. Selain itu pertimbangkan juga jarak penginapan ke warung makan, minimarket, dan terminal/bandara.

Makanan

Pilihlah warung makan atau pedagang pinggir jalan. Hindari restoran, karena restoran hanya akan memanjakan tempat, bukan makanannya. Cukup dengan Rp10.000,- hingga Rp25.000,- untuk mendapatkan makanan di warung makan atau pedagang pinggir jalan. Misalnya warung makan Bu Oki di Jimbaran yang siap memanjakan Kamu dengan ayam betutu khas Bali.

Ayam Betutu khas Bali, www.kintamani.id

Membuat List Objek Wisata

Membuat list destinasi wisata yang akan dikunjungi, cdn.qupas.id

Ngga lucu kan jauh-jauh ke Bali, tapi sesampainya di Bali malah bingung mau ke mana aja. Bali mempunyai banyak destinasi wisata yang semuanya menawarkan keeksotisannya masing-masing.
Jadi, sebelum berangkat baiknya untuk menentukan paket wisata Bali murah yang ingin dikunjungi. Apakah tipe yang basah atau kering, pada suasana panas atau dingin? Penentuan tipe ini juga akan berimbas ke lokasi atau daerah. Namun jika memilih kedua tipe tersebut tentu akan beresiko lamanya waktu perjalanan. Misalnya, dari Pantai Sanur lalu ke bedugul. Pemilihan semacam ini hanya akan menyita waktu di perjalanan.
Hal yang sama juga terjadi meski kita hanya memutuskan satu tipe, misalnya pergi ke Pantai Sanur setelah dari Pantai Pandawa. Hal ini juga menyita waktu karena jaraknya yang jauh. By the way, pantai adalah pilihan ramah dompet karena tidak ada tiket masuk alias gratis, cukup bayar parkir aja.
Jadi buatlah list per harinya mengunjungi tempat apa saja yang masih dalam lingkup daerah tertentu. Oh ya, jika kalian memutuskan untuk pergi ke hiburan malam, ada baiknya jika kalian pergi di hari terakhir tour ke Bali. Karena hiburan malam tentu akan memaksa tubuh kalian begadang, jika dilakukan di awal masa tour maka keesokan harinya membuat tubuh kalian letih sehingga tidak menikmati masa tour.

Akomodasi selama di Bali

Serunya jalan-jalan pakai motor, www.brilio.net

Tidak tersedia angkot di Bali, hanya bus yang mengantar antar kota. Sebaiknya untuk tujuan tour kalian menyewa transportasi di sana, motor, mobil, atau bus mini, sesuaikan dengan rombongan kalian. Syaratnya mudah kok, cukup menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau paspor.

Melakukan perjalanan di Bali itu simple, tak perlu takut nyasar karena banyak terdapat penunjuk tempat. Lagi pula kalian bisa menggunakan fasilitas map di smartphone kalian.

Leave a Reply

Close Menu