Tips Melakukan Perjalanan dengan Kendaraan Umum bersama Bayi

Tips Melakukan Perjalanan dengan Kendaraan Umum bersama Bayi

Perjalanan Asyik bersama Anak Tercinta

Musim liburan sudah hampir tiba. Tentu kita akan memikirkan tujuan wisata ataupun tujuan mudik kita. Untuk beberapa keluarga yang ingin liburan bersama anaknya, terutama yang masih bayi, tentu akan mengalami kesulitan ketika menggunakan transportasi umum, baik bis, pesawat, kapal, ataupun kereta api. Orang tua yang muda sering mengalami kesulitan untuk mengurus buah hatinya ketika melakukan perjalanan tersebut. Kali ini, penulis akan memberikan tips untuk melakukan perjalanan bersama buah hati agar mudah dan nyaman. Selamat disimak!

1. Memesan tempat duduk tambahan

Ada baiknya pembaca memesan tempat duduk tambahan walaupun sebenarnya bayi tidak diharuskan membayar tiketnya sendiri. Selain untuk meletakkan keperluan bayi yang relatif banyak, tempat duduk tersebut bisa digunakan untuk meletakkan bayi sehingga orang tua tidak perlu menggendong bayi terus-terusan, terutama jika bayi sudah cukup besar sehingga dia tidak bosan dan rewel.

2. Membawa kain penutup ASI

Pada beberapa jenis kendaraan umum seperti pesawat, disediakan ruang menyusui untuk ibu menyusui bayinya, dan pada beberapa jenis kendaraan umum seperti bis ataupun kereta api, ruangan tersebut tidak ada. Untuk menutupi kondisi di waktu bayi harus disusui, ada baiknya orang tua membawa kain penutup, ataupun daster, ataupun tirai khusus agar sang ibu bisa menyusui dengan nyaman dan privat.

3. Menjaga suhu bayi

Bayi sering kali rewel ketika suhu ruangan menjadi panas, ataupun lemas dan juga rewel ketika kedinginan. Ada baiknya orang tua membawakan baju hangat dan juga kipas untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Lebih baik lagi ketika kipas yang digunakan adalah kipas elektrik sehingga orang tua tidak perlu terlalu capai mengipasi sang bayi.

4. Membawa snack atau camilan favorit

Membawa snack ataupun camilan favorit bayi bisa menjadi cara ampuh untuk “menyogok” bayi ketika sedang rewel. Dengan satu sampai dua biskuit, tangisan rewel bayi yang nyaring bisa diubah menjadi suara kunyahan bayi yang lucu.

5. Memberikan kegiatan di kendaraan umum

Sering bayi, sebagai anak-anak, merasa bosan ketika berpergian di kendaraan umu yang memakan waktu lama. Ada baiknya orang tua membawakan mainan, buku bacaan, ataupun video favorit bayi untuk meredam rasa bosan yang bisa membuat bayi rewel.

6. Menyiapkan popok yang mudah diganti

Ada baiknya menggunakan popok sekali pakai untuk mempermudah kebersihan bayi di kendaraan umum. Disarankan membawa beberapa popok untuk pulang ataupun pergi. Dan janganlah lupa untuk membawa tisu basah dan kering untuk membersihkan bayi.

Berikut adalah tips yang bisa penulis sarankan bagi pembaca yang ingin berpergian bersama buah hatinya yang masih mungil. Jangan lupa untuk selalu memesan tiket perjalanan pembaca di misteraladin.com dengan promonya yang selalu baru, variatif, dan memukau!

Leave a Reply

Close Menu